Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Translate

Minggu, 26 Juli 2015

10 BATU TERMAHAL

Berikut ini adalah 10 batu cincin akik terpopuler di Indonesia sebagaimana dilansir indopos.co.id.

1. Batu Bacan

10-batu-akik-terpopuler-dan-termahal-di-indonesia-1
Batu bacan adalah jenis batu mulia asal Indonesia yang banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan, Maluku Utara atau tepatnya di pulau bacan. Batu bacan paling populer adalah jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.
Perbedaan anatara batu bacan doko dan palamea terletak pada warnanya. Bacan doko memiliki warna hijau gelap sedangkan bacan palamea berwarna hijau kebiruan. Harga batu bacan mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

2. Batu Safir

10-batu-akik-terpopuler-dan-termahal-di-indonesia-2
Batu Safir termasuk dalam mineral yang dikenal sebagai korundum dan secara umum digunakan sebagai permata cincin atau untuk perhiasan jenis lainnya.
Batu safir mempunyai banyak variasi warna antara lain biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan dan ungu. Batu safir dipercaya dapat menenangkan pikiran dan memancarkan aura positif untuk mengembangkan daya pikir bagi pemakainya.

3. Batu Zamrud

10-batu-akik-terpopuler-dan-termahal-di-indonesia-3
Batu Zamrud memiliki warna hijau bening sampai hijau tua dan telah dikenal oleh banyak orang sejak ribuan tahun. Batu zamrud memiliki kekerasan 7.5 pada skala mohs. Batu Zamrud  dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian.

4. Batu Ruby

10-batu-akik-terpopuler-dan-termahal-di-indonesia-4
Batu ruby sering disebut juga batu merah delima termasuk salah satu dari sekian banyak batu permata yang banyak digemari di dunia termasuk di Indonesia. Harga batu ruby bervariasi tergantung dari tingkat keunikan dan kualitasnya. Batu ruby dipercaya sebagai simbol kekuatan dan keberanian.

5. Batu Topaz

10-batu-akik-terpopuler-dan-termahal-di-indonesia-5
Batu topaz memiliki banyak variasi warna seperti kuning, biru dan jingga agak kemerahan. Batu topaz banyak ditemukan di beberapa negara seperti Sri Lanka, Rusia, Brazil, Meksiko dan masih banyak lagi.
Batu topaz dipercaya mengandung energi alam yang bermanfaat bagi pemakainya yang berkaitan dengan kesehatan jasmani maupun  rohani seperti menghilangkan depresi, memaksimalkan daya kerja otak serta membawa kedamaian.

6. Batu Opal (Kalimaya)

10-batu-akik-terpopuler-dan-termahal-di-indonesia-6
Batu opal adalah jenis batu mulia yang mampu mengeluarkan aneka macam warna. Di Indonesia, batu opal  dikenal dengan istilah kalimaya dan banyak ditemukan di Daerah Banten. Harga batu kalimaya bervariasi tergantung kualitas. Harga batu opal/kalimaya termahal sekita 2.500 dollar/karat.

7. Batu Sungai Dareh

10-batu-akik-terpopuler-dan-termahal-di-indonesia-7
Batu sungai dareh termasuk salah satu batu cincin populer dan termahal saat ini. Popularitas batu Batu asal Sumatera Selatan itu mulai menanjak sejak Presiden SBY dan Barak Obama (Presiden Amerika) diduga mengenakan batu tersebut di jari tangan mereka.
Harga batu sungai dareh berkualitas sangat mahal, namun untuk kualitas sedang yang banyak dijual di pasaran lokal harganya cukup terjangkau, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

8. Batu Giok

10-batu-akik-terpopuler-dan-termahal-di-indonesia-8
Batu giok sudah dikenal sejak lama di Indonesia. Semakin tingginya peminat batu akik belakangan ini, membuat harga batu giok makin mahal.
Batu Giok mempunyai khas warna hijau dan banyak dijadikan sebagai perhiasan, seperti mata cincin, kalung, liontin dan lain-lain. Sebagian orang percaya bahwa batu yang sudah dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi di China itu bisa membawa keberuntungan, ketentraman dan kedamaian bagi pemiliknya.

9. Batu Kecubung (Amethyst)

10-batu-akik-terpopuler-dan-termahal-di-indonesia-9
Batu kecubung mempunyai warna khas ungu dan biasa disebut Amethyst di pasaran intenternasional.
Selain dijadikan sebagai perhiasan, kecubung juga dipercaya sebagai batu pembawa keberuntungan.

10. Batu Lavender

10-batu-akik-terpopuler-dan-termahal-di-indonesia-10
Dalam sebuah kontes tingkat nasional yang diadakan beberapa waktu lalu, Jenis batu lavender spritus baturaja masuk dalam kategori batu terbaik dan berhasil memenangkan kontes/
Harga batu lavender pemanang kontes ditawar Rp 175 juta namun sang pemilik belum melepasnya. Sejak saat itu, batu yang banyak ditemukan di wilayah Simpang dan Segara Kembang Kecamatan Lengkiti Oku Sumatera selatan itu menjadi incaran kolektor dan masuk dalam jajaran batu terpopuler baik di Indonesia maupun di pasaran internasional.
Selain yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak batu cincin lainnya yang terkenal dan bernilai tinggi seperti batu giok aceh atau lebih dikenal dengan sebutan Batu Lumut Aceh, batu obi, labrador dan sebagainya.